Tangga merupakan jalur sirkulasi vertikal pada rumah tinggal yang menghubungkan lantai bawah dan lantai atas. Tangga sangat berbahaya bagi anak-anak. Bentuknya yang berundak dan posisinya yang tinggi membuat anak-anak rawan terjatuh, apalagi jika kondisi keseimbangan tubuh anak belum stabil. Oleh sebab itu, waspadailah selalu anak Anda ketika melintasi tangga. Berikut ini adalah 5 hal preventif untuk menghindari kecelakaan ketika anak Anda naik atau turun tangga.

1. Pasang Pintu Tangga dan Tutuplah Tangga Ketika tidak Digunakan

Anak yang baru saja merangkak atau berjalan kerap-kali memiliki hobi naik-turun tangga. Perilaku ini sangat berbahaya apabila lepas dari pengawasan orang tuanya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memasang pintu pada ujung atas dan ujung bawah tangga. Tutuplah selalu pintu tersebut sehingga mengurangi kemungkinan anak naik-turun tangga.

Membuat penutup tangga dengan pintu tangga
Pintu tangga akan sangat berguna agar anak tidak naik atau turun tangga sendirian karena Anda harus membukakan pintu tangga tersebut. Pintu ini juga berfungsi agar hewan peliharaan tidak naik atau turun tangga sembarangan. [image source]
Pembaca budiman selalu Like & Share...