Tips agar tidak galau dan mengatasi bad mood

Penulis kondang Gretchen Rubin mendapat sorotan dunia internasional karena bukunya, The Happines Project, meledak di pasaran pada tahun 2006 silam. Buku tersebut berisi tentang berbagai cara agar kita dapat meningkatkan mood dan bisa mengatur suasana hati, termasuk bagaimana mengatur perasaan agar selalu bahagia.

Apa saja tips yang Rubin temukan agar kita mudah merasakan bahagia dan bisa mengatur mood dengan mudah? Simak ke 10 tips berikut ini:

1. Tidurlah

Rasa bahagia sangat dipengaruhi oleh ketenangan batin, suara-suara hati, perasaan, pikiran, dan kreativitas. Dengan demikian, ketika kita tidur, maka suasana hati kita seakan mengalami restart. So, kadang tidur siang sejenak akan menjadi sanat penting untuk merefresh pikiran dan emosi.

2. Ciumlah Bunga atau Wewangian Lainnya

Wewangian yang kita cium akan mempengaruhi psikologis kita. Ya, emosi dan pikiran kita juga bisa dipengaruhi oleh bau-bauan yang tercium oleh hidung kita. Tipsnya, pastikan Anda memiliki wangi-wangian yang bisa memancing mood Anda, entah bunga, parfum, atau yang lainnya. Bayangkan, ketika Anda berada di samping orang wangi atau orang dengan bau badan, apa yang Anda rasakan?

3. Praktekkan Aturan 1 Menit

Mungkin Anda merasa malas untuk membalas SMS atau mengerjakan hal-hal sepele lainnya. Coba praktekkan “Aturan 1Menit” di bawah ini :

Setiap hal yang bisa dikerjakan tidak lebih dari 1 menit, harus dikerjakan saat itu juga.

Dengan demikian Anda akan semakin produktif dan kondisi fisik Anda tetap dalam mode “running”, sehingga Anda tidak akan berhenti dan bermalas-malasan lagi. Contoh hal-hal yang bisa dilakukan tidak kurang dari 1 menit yaitu : menggantung celana, menyimpan buku pada tempatnya, menggeser kursi, memotong kumis, langsung mencuci piring setelah makan, dll.

Dengan menerapkan kebiasaan dalam Aturan 1Menit ini (sungguh kebetuan website ini namanya 1Menit.com), Anda tidak akan lagi menunda-nunda pekerjaan sepele dan tidak akan ada pekerjaan sepele yang menumpuk di belakang. Berani nyoba?!

Ingat aturan 1 menit, ingat 1Menit.com! Cukup 1 Menit untuk mendapatkan inspirasi… ๐Ÿ˜€

4. Gunakan Alarm untuk Segala Hal

Jangan gunakan alarm hanya untuk membangunkan Anda dari tidur. Gunakanlah alarm untuk membuat Anda lebih produktif dan pengingat untuk melakukan suatu pekerjaan atau menyelesaikan sesuatu. Jika Anda patuh pada diri sendiri, maka hidup Anda akan terasa full dan tidak ada lagi waktu luang yang digunakan dengan sia-sia.

5. Jika tak Suka Filmnya, Jangan Ditonton

Maksudnya begini, jika Anda tidak suka suatu film, jangan menghabiskan waktu Anda untuk menontonnya. Begitu juga dengan buku, jika Anda tidak suka baca buku itu, jangan baca, bacalah buku yang sesuai dengan minat Anda. Dengan demikian, Anda hanya akan “memasukkan” hal-hal yang berguna ke dalam otak Anda.

6. Lakukan 1 Pekerjaan dalam 1 Waktu

Multitasking itu bukan melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan. Tapi, multitasking adalah melakukan banyak pekerjaan dalam durasi waktu tertentu. Misal begini, bayangkan Anda punya 3 pekerjaan yang harus dikerjakan : mengambil sendok di dapur, menjemur makanan di luar, dan mencuci buah. Maka Anda harus menyelesaikannya satu-satu.

Jika Anda ke dapur, mengambil sendok kemudian langsung keluar untuk menjemur makanan, maka sendok Anda tidak sampai tepat waktu, dan ini membutuhkan banyak energi karena pikiran harus berpikir tentang sendok dan makanan yang akan dijemur. Cara yang lebih baik adalah, ambil sendok dulu dan letakkan pada tempatnya, setelah itu ambil makanan dan langsung dijemur keluar, dan seterunya. Jadi jangan biasakan melakukan banyak hal dalam sekali kerja.

7. Dengerin Musik yang Bersemangat, Jangan yang Galau

Musik-musik yang kita dengar setiap hari akan membentuk kepribadian kita. Semakin banyak musik galau yang kita dengarkan, maka hidup kita akan selalu tampak suram dan selalu merasa pesimis. Ketika Anda terjebak dengan perasaan sedih, jangan memperburuknya dengan memutar musik yang sedih juga. Pancing mood Anda dengan musik yang membangkitkan semangat.

8. Lompat-Lompatlah

Berbedan dengan musik, musik bisa langsung mengakses perasaan kita sehingga mempengaruhi mood. Tapi dengan melompat, berarti kita sedang mengkondisikan fisik agar perasaan kita terpancing untuk memperoleh mood yang bagus. Bukan rahasia lagi bahwa fisik dan perasaan saling terkait satu sama lain.

Jika perasaan down, maka fisik pasti akan down. Tapi jika fisik down, perasaan belum tentu down.

Dengan demikian, ketika perasaan Anda down, maka pancinglah mood Anda dengan gerakan-gerakan fisik. Salah satunya adalah dengan melompat-lompat. Tidak percaya? Buktikan!

9. Ciumlah Orang

Kata seorang filsuf, hubungan kita dengan seseorang adalah kunci kebahagiaan. Mencium istri di pagi hari atau di malam hari akan memperbaiki mood Anda.

Tapi ingat, tips ini tidak berlaku untuk semua orang, sebab aktifitas mencium bisa merusak norma adat dan agama. Tips ini bisa Anda lakukan jika Anda sudah menikah. Anda bisa mencium istri, suami, ibu, bapak, anak, adik, dan orang-orang yang boleh Anda cium. ๐Ÿ˜€

10. Buatlah Keputusan dengan Tegas

Anda harus memutuskan apa yang boleh Anda lakukan dan yang tidak boleh Anda lakukan. Misal, Anda akan berhenti merokok, maka hal tersebut harus disikapi dengan tegas, kalau perlu Anda ceritakan kepada orang lain dan minta dukungan mereka. Jika Anda ragu dan tidak menaati aturan tersebut, pikiran Anda akan terbebani oleh diri Anda sendiri.

Kalau ingin berubah dari hari kemarin, cara yang Anda lakukan juga harus berubah. Itulah aturan kehidupan.

Pembaca budiman selalu Like & Share...