Kenapa kita tidak perlu merasa galau?

Galau? Siapa sih yang gak kenal kata satu ini? Kata yang populer dikalangan anak muda hingga orang dewasa. Galau selalu diidentikkan dengan suatu keadaan yang membingungkan, suatu keadaan disaat hati kita gelisah atau risau dan tidak tau apa yang harus kita perbuat. Biasanya kalau dikalangan mahasiswa, galau sering dirasakan disaat mendapat banyak tugas dari dosen. Sebagian mahasiswa ada yang mengeluh seperti ini “duh, galau nih tugas yang satu masih belum beres udah nambah lagi tugas lainnya.” Nah. Keadaan seperti itulah yang biasa disebut dengan galau.

Kita tidak perlu galau karena “galau”. Maksudnya apa sih? Masih bingung kan? Maksudnya gini, disaat kita galau kita tidak perlu bersedih karena “galau”. Yang dimaksud dengan “galau” disini adalah  God Always Listening Always Understanding. Jadi, kalo kita lagi ada masalah kita gak perlu larut dalam kesedihan karena Tuhan selalu mengerti tentang keadaan keadaan kita. Gak usah nangis sampek berhari-hari gara-gara gak diterima di universitas impian atau bahkan sampai gantung diri gara-gara cintanya kandas ditengah jalan (naudzubillahi min dzalik). Be positive thinking aja deh. Karena dibalik sebuah peristiwa pasti terdapat sebuah hikmah yang dapat kita ambil sebagai bahan untuk perbaiki diri. Karena Allah lebih tahu jalan terbaik untuk kita tapaki.

Allah juga melarang kita untuk bersedih. Di dalam Al-Quran disebutkan “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS.Ali ‘Imran:139)

Didalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah saw pun berdoa agar beliau terhindar dari kesedihan. “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur. Tiada Tuhan kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud).

Nah, mulai sekarang gak perlu galau lagi ya karena GALAU (God Always Listening Always Understanding).

Karimah Ahmad

Karimah Ahmad

Hijrah dari Bondowoso ke Situbondo dan saat ini sedang menimba ilmu di pesantren salafiyah syafiiyah sukorejo. paling suka dengerin lagunya Maher Zain and Harris J.

Pembaca budiman selalu Like & Share...