Ketika berbicara dengan orang lain, berhati-hatilah dengan pertanyaan yang mereka tanyakan. Meski kadang pertanyaan yang ditanyakan sederhana, tapi efek bagi kita sangat luar biasa, bahkan bisa mengubah masa depan. Apalagi pertanyaan yang “mengusik” kehidupan pribadinya. Berikut ini adalah 4 contoh kasus percakapan yang membuat kehidupan orang lain berubah, bahkan malah jadi berantakan. Contoh yang pertama berkaitan dengan keluarga orang lain.

bertengkar dengan cara yang indah demi keutuhan keluarga
Bertengkarlah untuk mencari solusi, bukan untuk saling menyalahkan atau saling menuntut. [image source]

1. Kakak yang Tak Sengaja Merusak Keluarga Adiknya

Miranda baru saja melahirkan seminggu yang lalu. Seperti biasa, saudara laki-lakinya berkunjung ke rumahnya untuk melihat keponakan barunya. Di sela-sela percakapan tersebut, saudara laki-lakinya bertanya, “Dik, hadiah apa yang suamimu berikan setelah kamu melahirkan?
Tidak ada.“, jawab Miranda pendek.
Saudara laki-lakinya berkata lagi, “Masa sih?! Aku saja sering ngasi hadiah buat istriku. Apalagi ini kan pertama kali kamu punya bayi, masa nggak ngasi hadiah?
Miranda hanya diam.

Suami Miranda baru pulang dari kantor dengan penuh kelelahan, bukannya disambut dengan senyum, sang istri malah merajuk ketika ia baru memasuki rumah. Keduanya terlibat pertengkaran hebat. Sebulan kemudian, mereka bercerai.

* * *

Coba kita perhatikan, sebenarnya dari mana sumber masalahnya?
Ya, sumber masalahnya adalah kalimat sederhana yang ditanyakan saudara laki-laki Miranda. Pertanyaan sederhana yang mengusik privasi dan mencampuri urusan keluarga orang lain. Mari kita lanjutkan ke contoh yang kedua yang berkaitan dengan Harta atau Rumah.

Pembaca budiman selalu Like & Share...