Yap, sombong itu adalah penyakit. Penyakit yang berefek pada kesehatan fisik dan mental. Bahayanya lagi, kadang seseorang tidak tahu bahwa ia sedang melakukan aktivitas sombong. Mungkin suatu ketika kamu sadar bahwa ada temanmu, keluargamu, atau bahkan kamu sendiri menyombongkan diri, dapat dipastikan bahwa kalian akan menyesal ketika mulai menyadarinya.

Fakta tentang percaya diri (PD) : Jika kamu kekurangan PD, kamu akan minder, tapi jika kelebihan PD, kamu akan sombong.

Untuk mencegah agar kita tidak mudah terjangkit penyakit sombong, berikut kami ulas tentang tips agar kita bisa lebih tahan terhadap penyakit yang memalukan tersebut.

1. Perluaslah Wawasanmu

Dengan wawasan yang luas, kamu akan menyadari kalau kamu bukanlah apa-apa tanpa kehadiran orang lain. Bergaullah, carilah wawasan sehingga kamu nggak seperti katak dalam tempurung. Coba perhatikan, kawan-kawanmu yang tidak pernah keluar kota, pasti berbeda dengan kawanmu yang sering keluar kota. Apa bedanya?

Katak dalam tempurung mengibaratkan orang yang berwawasan sempit
Jangan diniatkan untuk pamer, cobalah melakukan traveling atau sering-seringlah ke luar kota untuk memperluas wawasanmu. Kalau memungkinkan, carilah sekolah atau kampus di luar kota agar kamu lebih matang dan punya wawasan luas. [image source]
Pembaca budiman selalu Like & Share...