Ayuk sedikit bernostalgia dengan putri Rasulullah, Fatimah. Beliaulah pemimpin para wanita di seluruh alam. Fatimah adalah putri Nabi Muhammad SAW yang merupakan buah dari pernikahannya dengan Khadijah. Fatimah lahir pada Jumat 20 Jumadats-tsaniyah tahun kelima setelah kenabian, atau kira-kira tahun 615 Masehi.

Kisah kehidupan siti fatimah
Ilustrasi : sederhana, setia. [image source]
Fatimah muda menikah dengan Ali bin Abi Thalib yang miskin sehingga membuat Fatimah harus membantu dan bekerja keras. Tapi Fatimah nggak mengeluh lho! Tiap hari ia menggiling beras, mengambil air dengan qirbah (tempat air) dan membereskan rumah tanpa pembantu.

Satu lagi sifat Fatimah yang harus kamu teladani yaitu kesederhanaannya. Saking sederhananya, Fatimah hanya punya selembar kulit domba, bantal yang isinya jerami, wadah air dari kulit, dua buah tempayan serta satu alat penggiling. Kalau mau melihat kondisinya, Fatimah adalah anak dari pemimpin umat. Seharusnya sangat mudah baginya jika ingin meminta harta benda dari ayahnya. Akan tetapi, Fatimah lebih memilih kesederhanaan dengan suaminya tercinta dan menjalani kehidupan dengan baik dan apa adanya.

Suatu ketika, Fatimah pernah punya kalung emas. Tapi karena kezuhudannya, kalung itu nggak dipakai tapi malah ia jual untuk memerdekakan budak. Selain itu, fatimah juga sering ikut serta dalam peperangan seperti perang Khandaq, Khaibar, bahkan beliau pernah mengobati Rasulullah ketika perang Uhud.

Karena banyak sifat baik yang menempel pada kepribadian Fatimah, nggak heran kalau Rasulullah sangat mencintainya. Bahkan, Fatimah dijuluki sebagai Sayyidatu Annisa’i Al ‘Alamin, yang artinya pemimpin perempuan semesta alam.

Cerita hikmah siti fatimah
Ilustrasi : tegar, tidak mudah mengeluh, dan bekerja keras. [image source]

Apa Saja yang Bisa Kamu Tiru dari Sosok Fatimah?

  1. Bekerja Keras. Keberhasilan selalu dimulai dengan bekerja keras dan doa. Kerja keras tanpa lelah, mencoba dan terus mencoba akan membuahkan keberhasilan yang manis.
  2. Nggak Ngeluh. Laki-laki manapun nggak ada yang menyukai perempuan yang sering mengeluh. Banyak mengeluh hanya akan membuat citramu jadi negatif di hadapan orang lain.
  3. Amanah dan Sederhana. Jika kamu adalah anak dari orang yang terpandang, bersahajalah. Sebab masa depanmu tergantung pada kepribadianmu, bukan tergantung pada orang tuamu.
Pembaca budiman selalu Like & Share...