kisah calon einstein sabrina gonzales pasterski masuk MIT dengan pesawat buatannya
Pesawan dengan mesin tunggal buatan Sabrina [image source]
Sabrina Gonzalez Pasterski masih berusia 14 tahun ketika dia melangkahkan kaki ke kantor kampus MIT untuk mendapatkan approval terkait pesawat bermesin tunggal yang ia bikin. Wow!

Sekarang usianya sudah 22 tahun, sudah lulus MIT, dan sekarang menjadi kandidat Ph.D di Harvard. Ia sangat tertarik untuk memecahkan berbagai permasalahan kompleks dalam fisika.

Generasi pertama wanita keturunan Kuba-Amerika ini sudah menjadi target beberapa perusahaan dan institusi penting di dunia. Kini Pasterski sudah menerima tawaran pekerjaan dari Jeff Bezos, pendiri Amazon.com, pengembang kedirgantaraan, dan produsen Blue Origin. Bahkan NASA juga sangat berminat pada gadis yang sejak muda sudah menunjukkan ketertarikannya pada fisika ini.

Pasterski tengah fokus mengeksplorasi blackhole (lubang hitam) dan ruang-waktu, bahkan ia sangat paham konsep gravitasi dalam konteks mekanika kuantum.

Tidak seperti kebanyakan anak muda seusianya, gadis kelahiran Chicago ini bukan penggemar media sosial. Ia tidak memiliki akun facebook, linkedin, atu instagram. Bahkan ia tidak memiliki smartphone, wah.. serius? Namun, Pasterski memiliki website pribadi yang berisi beberapa informasi tentang keahlian dan prestasi yang pernah diraihnya, physicsgirl.com.

Yang mengejutkan adalah, ternyata awalnya Pasterski masih berada dalam daftar tunggu untuk masuk ke MIT. Tapi setelah Profesor Allen Hagerty dan Earll Murman melihat video pesawat yang dibuat oleh Pasterski, ia langsung diterima. Kata Haggerty,

Mulut kami seakan beku setelah melihat pesawat buatannya. Potensinya sungguh di luar prediksi kami.

Pasterski kemudian diterima dan lulus dengan rata-rata 5, itu adalah nilai rata-rata tertinggi. Penasihat Pasterski adalah seorang profesor Hardvard bernama Andrew Strominger yang pernah menerbitkan makalah bersama fisikawan terkemuka Stephen Hawking. Profesor Andrew sangat memuji Pasterski. Bahkan ia juga memberikan ribuan dolar dari Herts Foundation, Smith Foundation, dan Natioan Science Foundation untuk mendukung studi dan penelitian Pasterski.

sabrina dengan kedua motornya
[image source]
Ada kata-kata menarik dari Pasterski yang disampaikannya ketika diwawancarai oleh Yahoo,

“Physics itself is exciting enough. It’s not like a 9-to-5 thing. When you’re tired you sleep, and when you’re not, you do physics.”

Pembaca budiman selalu Like & Share...