Tidak ada salahnya untuk mempelajari cuaca dan pergerakan awan di sekitar kita, terutama ketika sedang berekreasi di sepanjang pantai atau di pegunungan. Apalagi ketika musim hujan tiba, kita bisa mengantisipasi bila akan ada badai atau cuaca buruk. Simaklah beberapa jenis awan berikut dan bagimana cuaca yang akan terjadi jika ada awan tersebut.

Tanda-tanda cuaca berdasarkan jenis awan
Asik-asik liburan, eh tiba-tiba hujan deres banget. [image source]

1. Awan Nimbostratus

Awan ini merupakan jenis awan yang titik air, salju, atau es sehingga kehadiran awan ini bisa terjadi salju, hunjan, bahkan hujan es. Awan ini memiliki bentuk tidak teratur, besar, dan berwarna abu-abu gelap. Awan ini bisa sangat berbahaya ketika terjadi badai.

Gambar awan nimbostratus yang membawa hujan
Kalau ada awan nibostratus, biasanya akan terjadi hujan. Perhatikan pergerakannya, jika bergeraknya lambat berarti awannya sangat tinggi dan bisa jadi tempatmu akan terkena hujan. [image source]

2. Awan Stratokumulus

Awan ini bentuknya bergumpal-gumpal, berwarna putih dan sedikit abu-abu. Waspada dan amatilah awan ini dengan cermat. Jika kelembaban udara semakin tinggi, maka awan ini bisa berubah menjadi awan badai nimbostratus.

Contoh awan stratokumulus yang tidak menyebabkan hujan
Awan ini umumnya tidak menyebabkan hujan jika anginnya tenang. [image source]

3. Awan Kumulus

Awan jenis ini berbentuk gumpalan kecil-kecil berwarna putih. Udara yang panas bisa membuat awan ini dengan segera berubah menjadi awan kumulonimbus.

 

Gambar awan kumulus, berarti situasi akan cerah
Awan ini menandakan bahwa suasana cerah. Tapi jika ada perubahan angin dan kelembaban, mungkin suasananya akan berubah. [image source]

4. Awan Kumulonimbus

Awan kumulonimbus adalah awan badai besar, bentuknya seperti landasan alas pemukul besi. Awan ini sangat berbahaya karena berpotensi membawa badai petir yang membawa muatan listrik. Bentuk awan kumulonimbus sangat berbeda dengan awan lainnya sehingga bisa lebih mudah dikenali.

Awan kumulonimbus yang menyebabkan hujan lebat disertai petir
Nah, ini dia biang kerok ketika terjadi banyak petir. Hati-hati jika bertemu dengan jenis awan ini. [image source]

Lalu bagaimana jika awan yang kita lihat bukan salah satu dari ciri-ciri di atas?

Pembaca budiman selalu Like & Share...