8. Konsumtif, Hati-Hati dengan Yang Satu Ini

Kehadiran media massa yang nggak disertai dengan saringan yang baik akan membuat kita terjebak dalam arus konsumtif yang membabi buta. Berbagai pencitraan tentang tubuh ditayangkan di iklan televisi, di timeline BBM, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Jika sudah begini, kamu yang semula tidak bermasalah dengan tubuh, tiba-tiba merasa kurang putih, nah! Gara-gara iklan, tiba-tiba kamu merasa kurang kurus. Gara-kara iklan, tiba-tiba kamu kurang pede dengan rambut, badan kurang tinggi, kegemukan, tidak kinclong, dan lain sebagainya.

Cewek tajir sedang berbelanja
Pernahkah kamu tahu bahwa wanita punya penyakit : Senang Berbelanja? [image source]

Bahkan, Safrina Noorman memberikan catatan bahwa :

  • 80% remaja putri Amerika kelas 3 dan 6 tak nyaman dengan tubuhnya, dan 70% pernah melakukan diet dengan alasan untuk memperbaiki penampilan.
  • 20% perempuan Kanada menggunakan pil diet, “mencuci perut”, dan berpuasa untuk mengendalikan berat badan.
  • 50% perempuan Kanada berumur 9 dan 10 tahun, dan mengaku mereka merasa nyaman ketika melakukan diet, OMG!
  • 62% perempuan Kanada berumur 13-19 tahun merasa tidak puas dengan bobot tubuh mereka.

Meskipun remaja putri tersebut menikmati tayangan-tayangan televisi, majalah, dan musik, tapi mereka mengalami efek negatif pada harga diri. Mayoritas mereka tidak puas dengan tubuh mereka dan membandingkan diri mereka secara negatif dengan tubuh sempurna yang disajikan pada iklan-iklan yang mereka lihat. Sungguh menyedihkan!

Sebelum kita mengulasnya dari segi anjuran dan larangan agama, kira-kira nih ya, menurut adat istiadat yang kamu anut, pantas tidak kelakuan-kelakuan cewek di atas untuk ditiru?

Cewek cerdas, pasti tidak akan salah pilih. 🙂

Pembaca budiman selalu Like & Share...