Apakah Anda pernah merasa gatal-gatal saat duduk di kursi atau tidur di ranjang? Jika ya, berarti kursi atau ranjang tersebut telah dihuni oleh kutu busuk. Jenis kutu yang lain adalah kutu beras yang biasanya muncul pada beras yang disimpan di rumah. Kedua jenis kutu tersebut dianggap cukup mengganggu.

Gambar kutu busuk menempel di kulit
Kutu busuk yang menempel di kulit, entah apa yang dia lakukan. [image source]

Cara Mencegah Kutu Busuk dengan Asam Segar dan Kulit Durian

Adanya kutu busuk merupakan cerminan kondisi lingkungan sekitar rumah Anda yang kurang bersih dan tidak terawat. Binatang ini biasanya dijumpai pada beberapa perabot rumah seperti kursi rotan atau ranjang beralas papan. Kutu busuk dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit dan alergi. Berikut tips-tips yang dapat dilakukan bila kutu busuk menyerang rumah Anda.

  • Bersihkan semua perabot rumah Anda secara berkala dan jemur di bawah terik matahari. Kutu busuk tidak menyukai sinar dan panas.
  • Ambillah beberapa buah asam segar, kupas kulitnya, dan letakkan di tempat kutu busuk berada. Asam mengandung zat yang dapat mengusir kutu busuk.
Gambar asam segar untuk mengusir kutu busuk
Buah asam segar, selain bisa digunakan untuk pengawet, aromanya mampu mengusir kutu busuk. [image source]
  • Letakkan kulit durian di bawah kursi rotan atau di bawah ranjang yang terdapat kutu busuknya. Biarkan beberapa hari sehingga kutu busuk sudah hilang.
Gambar durian dengan kulit runcing tajam untuk mengusir kutu busuk
Yang membuat kulit durian mampu mengusir kutu busuk bukan kulitnya yang runcing, tapi aromanya yang menyengat. [image source]

Cara Mencegah Kutu Beras dengan Cabai Merah

Selain kutu busuk, jenis kutu yang dianggap mengganggu adalah kutu beras. Kutu beras dianggap mengganggu karena merusak serta membuat bau pada beras yang disimpan di rumah. Beras adalah salah satu bahan pokok yang dikonsumsi orang Indonesia, oleh sebab itu kesehatan kita akan terganggu ketika mengonsumsi beras tersebut. Untuk mencegah adanya kutu beras, cobalah tips berikut:

  • Usahakan tempat penyimpanan beras selalu kering dan bersih. Tempat penyimpanan beras yang basah dan kotor akan memicu hadirnya kutu beras dan jamur.
  • Sisipkan cabai merah di tempat penyimpanan beras. Aroma cabai yang menyengat dapat mengusir kutu beras. Beras pun bersih dan terhindar dari serangan kutu.
Gambar cabai merah untuk mengusir kutu beras
Sama seperti asam, cabai juga bisa digunakan untuk pengawet makanan sekaligus bisa untuk mengusir kutu beras. Letakkan cabai utuh ke dalam beras, kemudian tutup beras dengan rapat. [image source]
Pembaca budiman selalu Like & Share...