Alat pemindai kalori untuk mendukung program diet Anda

Tidak, ini bukan selfie saat di kantin atau saat makan di restoran. Sama sekali bukan! Ini adalah teknologi terbaru menghitung kalori pada makanan sehingga kita bisa mengontrol berapa banyak kalori yang ingin kita makan setiap harinya. 😀

Pernahkah Anda menghitung-hitung, berapa kalori yang Anda konsumsi setiap kali Anda makan?

Bisa saja Anda menghitung-hitungnya manual, melihat kandungan masing-masing bahan makanan yang akan Anda makan. Googling kandungan wortel, kandungan kentang, dan semua bahan yang akan Anda masak. Hal itu mungkin saja jika Anda punya banyak waktu luang untuk melakukannya. Atau, Anda mengira-ngiranya berdasarkan label pada makanan. Tapi jika perhitungan Anda keliru, gimana?

Kini ada teknologi baru yang disebut dengan NutriRay3D yang dapat memindai dan menghitung kalori dari makanan. Alat ini dikembangkan oleh anak-anak elektro di Universitas Washington yang dikoneksingan dengan aplikasi pada smartphone. Nah, dengan alat ini kita jauh lebih mudah dan lebih cepat dalam menghitung kalori makanan yang akan kita makan.

Alat ini adalah modifikasi dari alat pendeteksi kanker yang dimiliki Fred Hutchinson Cancer Research dan akan diluncurkan untuk kepentingan umum. Khususnya bagi para atlet, penggiat kesehatan, dan bagi mereka yang ingin melakukan diet kalori.

“Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebenarnya sudah banyak aplikasi yang ada di smartphone untuk mengetahui nilai kalori suatu makanan. Tapi, kandungan kalori tersebut hanya sebatas prediksi, bukan yang sesungguhnya. Nah, alat ini bisa menghitung secara akurat dan spesifik berapa kalori yang terkandung pada hidangan makanan di depan Anda. Sehingga Anda tidak perlu mengira-ngira.” kata Sep Makhsous yang merupakan mahasiswa teknik elektro di Universitas Washington.

Aplikasi NutriRay3D dan smartphone saat memindai makanan
NutriRay3D pada smartphone saat digunakan untuk memindai sepiring makanan [image source]
Alat ini terdiri dari laser 3D yang dapat memindai makanan kemudian menghitung lebih dari 9000 jenis makanan. Berdasarkan hasil penelitiannya, hasil perhitungan alat ini memiliki akurasi antara 87.5 hingga 91 persen. Alat ini lebih akurat daripada cara yang lainnya yang semimanual.

NutriRay3D ini dapat membedakan antara ikan laut dan daging ayam, sehingga alat ini bisa menghitung daging mana yang lebih memiliki sedikit kalori. Begitu juga dengan kacang-kacangan dan bahan makanan campuran seperti sop dan selai. Bahkan pada aplikasinya, pengguna bisa berbagi resep dengan orang lain sehingga hasil perhitungan kalori menjadi lebih akurat dan terpercaya.

Seperti telah disampaikan di awal, alat ini adalah pengembangan dari alat untuk meneliti kanker yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara asupan makanan dan berbagai penyakit. Dengan demikian, sebelumnya alat ini sudah digunakan untuk memeriksa banyak pasien untuk merekam dan mencatat nilai gizi makanan yang mereka konsumsi.

Bagaimana pun, dengan adanya alat ini, kita bisa mengontrol makanan yang akan kita konsumsi tanpa harus ribet-ribet menakar dan menghitung-hitung di atas kertas setiap makanan yang akan dikonsumsi. Jadi, program diet akan semakin mudah dan lancar karena apa yang kita konsumsi benar-benar terukur, bukan hasil kira-kira.

Bagaimana, Anda berminat untuk memiliki alat tersebut?

Pembaca budiman selalu Like & Share...