berani ngelamar itu baik
Berani ngelamar apa cuman bisa gertak sambal? 😀

Konflik antara menantu dan mertua? Hmm… rasanya sudah biasa. Kalau menantu rukun dengan mertua? Itu baru luar biasa.

Begitulah gurauan yang sering terdengar. Sudah bukan rahasia lagi, mertua sering kali menjadi sumber konflik bagi banyak pasangan. Mertua seperti ini sering dinilai terlalu ikut campur, tidak menghargai pendapat menantu, atau bahkan sejak awal tidak merestui perkawinan anaknya. Tapi tidak sedikit pula menantu yang sangat akrab dengan mertuanya, bahkan menganggap orang tua layaknya orang tua sendiri. Begitu juga dengan mertua, tidak sedikit juga yang menganggap menantu layaknya anak sendiri.

Sekarang terserah Anda, ketika menghadapi mertua atau calon mertua, apakah ingin membangun hubungan yang lebih baik atau tidak. Apakah saat ini Anda merasa masih sulit berkomunikasi dengan calon mertua atau memiliki pandangan yang bertentangan dengan mereka? Berikut 6 tips yang bisa Anda coba untuk membangun hubungan yang baik dengan mertua, agar kelak Anda tidak dinilai “kurang becus” sebagai menantu.

mengetahui harapan mertua ketika menikah
Coba ingat-ingat apa pesan dan harapan mertua ketika Anda menikah. [image source]

1. Mengenali Kepribadian dan Harapan Mertua

Agar bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan mertua, Anda perlu mengenal kepribadian mereka. Sesuaikan cara Anda berkomunikasi dan bersikap agar tidak terjadi miskomunikasi atau salah paham. Bila mertua mudah tersinggung, Anda perlu lebih berhati-hati dalam bercerita dan mengungkapkan pendapat. Cari tahu harapan-harapan mertua tentang perkawinan Anda. Anda bisa mencari informasi ini dari sumber terpercaya, yaitu pasangan Anda.

Bila mertua Anda memiliki harapan yang begitu tinggi. Misal, jika Anda adalah seorang wanita, kemudia mertua menuntut Anda untuk mengurus semua keperluan rumah tangga padahal Anda adalah wanita karier, cobalah untuk memenuhinya secara bertahap. Mintalah bantuan pada suami untuk menjelaskan kesibukan Anda di luar rumah yang tujuan utamanya adalah untuk kesejahteraan keluarga juga.

 

Pembaca budiman selalu Like & Share...

One thought on “6 Trik Rahasia Cara Menjalin Keakraban dengan (Calon) Mertua!

Comments are closed.