4. Tim yang Hebat akan Mengalahkan Individu yang Hebat

bekerja secara teamwork lebih baik daripada sendiri meskipun kamu superman
Meerkat berjalan bergerombol. [image source]

“If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” ~ African Proverb

Yak, seperti kata pepatah, “Jika ingin berjalan cepat, bergeraklah sendiri. Tapi jika ingin menempuh jarak yang jauh, berjalanlah bersama“. Sunggu bagus menjadi orang yang brilian dan mampu mengoptimalkan bakat dan passionnya; akan tetapi jika dia tidak bisa bekerja sama dalam suatu tim, hasilnya tidak akan maksimal.

Jika kita adalah seorang pekerja yang cepat dan tangguh, maka kita juga butuh kemampuan untuk mengatur strategi dan visioner. Jika kemampuan-kemampuan tersebut tidak ada dalam diri kita, maka kita butuh orang lain sebagai pelengkap sehingga terbentuklah suatu tim. Dengan kemampuan strategi yang dimiliki, maka kita bisa menentukan target dan mengeksekusinya, bahkan mampu mengubahnya kalau perlu. Dengan bekerja sama, maka hasilnya akan lebih cepat dan lebih baik.

Sama halnya dalam sepak bola, yaitu kerja sama antara pemain dan pelatih. Pemain berjuang di lapangan, sementara pelatihnya mengamati pertandingan dan melihat dari tepi lapangan. Sang pelatih akan berteriak-teriak memberikan instruksi dan menyemangati pemainnya. Inilah salah satu contoh kerja sama dan sinergi untuk mencapai satu tujuan bersama.

bersambung ke halaman berikutnya (habis)…

Pembaca budiman selalu Like & Share...