3. Kenali dan Maksimalkan Talenta dan Passion Kita

mengenali dan menemukan passion dan bakat terpendam kita
Jika kita bisa menemukan talenta dan passion kita, maka kita bisa membuat “sejarah” yang gemilang [image source]
Talenta (bakat) dan passion (panggilan jiwa) adalah dua hal yang berbeda. Kalau dijadikan satu, tentu saja ini menjadi hal yang luar biasa. Kita harus menemukan kedua kekuatan utama kita ini. Sama seperti kura-kura pada pertandingan hari ke tiga, carilah tempat bertanding yang bisa menonjolkan kekuatan utama kita. Kita harus mengambil peran yang sesuai dengan kekuatan kita.

Misalnya, jika kita pandai berbicara, carilah kesempatan untuk memberikan presentasi di perusahaan sehingga pemimpin bisa melihat kemampuan kita, tunjukkan kemampuan menganalisis pada setiap kesempatan. Mungkin kita punya kemampuan mengorganisir, jika kita memiliki kemampuan tersebut, carilah peran mengorganisir suatu acara penting.

Contoh lain yang berkaitan dengan passion dan talent adalah : Bill Gates dan Ronaldo. Sebagai orang yang sangat sukses, keduanya pasti bekerja keras dengan fokus dan disiplin yang tinggi. Namun seandainya kita meminta mereka untuk bertukar pekerjaan :

Bill Gates menjadi Pemain Sepak Bola dan Ronaldo menjadi software programmer, apakah mereka akan sesukses sekarang?

Mereka bisa saja memiliki fokus dan disiplin yang sama-sama kuat. Tapi kalau mereka tidak melakukan sesuatu yang sesuai dengan talent (bakat) dan passion mereka, sepertinya akan sangat sulit bagi mereka untuk menjadi orang yang tercatat dalam sejarah dan dikenal dunia.

bersambung ke halaman berikutnya…

Pembaca budiman selalu Like & Share...