perbedaan gaya komunikasi pria dan wanita
Keluarga adalah tempat kembali ketika kita lelah dengan dunia ini, jagalah keluarga karena itulah harta yang paling mahal di dunia. [image source]
Banyak masalah yang timbul karena perbedaan gaya komunikasi yang akhirnya terjadi kesalahpahaman antara pria dan wanita. Padahal, perbedaan ini sebetulnya justru bisa saling mendukung karena memberikan cara pandang yang lebih beragam terhadap berbagai hal yang ditemui di sepanjang usia pernikahan. Perbedaan komunikasi ini tidak perlu diseragamkan. Sebab, yang perlu dilakukan adalah bagaimana agar kita saling memahami satu sama lain, bukan menyama-nyamakan pasangan agar sesuai dengan kita.

Keempat perbedaan ini dibahas pada tulisan di bawah ini dan pada halaman-halaman selanjutnya.

1. Perbedaan pada Cara dan Gaya Berbicara

Pria lebih suka bicara singkat padat. Pria cenderung ingin memberikan solusi, dan gampang bosan bila mendengarkan cerita yang panjang dan mendetail. Mereka kesulitan menemukan inti cerita bila terlalu banyak detail yang dimasukkan ke dalam cerita, dan hal ini menimbulkan frustasi baginya.

pria lebih sedikit bicara daripada wanita
Gaya komunikasi pria yang lebih “irit” daripada wanita

Sebaliknya, wanita ingin didengarkan dan memperoleh dukungan emosional. Tidak suka bila terlalu cepat diberi solusi, dan senang bercerita secara mendetail. Bagi wanita, bercerita panjang lebar merupakan keasyikan tersendiri dan sering kali terlepas dari keinginan untuk mendapatkan solusi. Malah, terkadang mereka sudah tahu jawaban permasalahannya, tetapi tetap merasa ingin berbagi cerita kepada orang lain.

Untuk para pria, bersabarlah, lebih baik siapkan telingamu daripada istrimu mencari telinga yang lain. 😀

Pembaca budiman selalu Like & Share...