Sebagian ahli ilmu mengatakan bahwa anak muda (cowok-cewek, tapi ini berlaku juga utuk orang dewasa) terbagi menjadi empat tingkatan kelompok. Kelompok-kelompok ini dipilih berdasarkan seberapa sadar mereka terhadap kemampuan yang dimiliki.

Nasehat untuk para pemuda, siswa, mahasiswa, dan para pembelajar
Nasehat untuk para pembelajar.

Berikut ini kami ulas dengan singkat, padat, dan jelas agar kamu cepat memahaminya.

1) Seseorang yang tahu, dan mengetahui bahwa dia tahu. Dialah orang yang berilmu, maka ikutilah ia.

Orang yang seperti ini umumnya mengalami percepatan yang tinggi dalam hidupnya. Misal, jabatannya cepat naik, memiliki keterampilan yang bagus, dll. Ketika mendapat tugas, dia tahu tingkat kesulitan tugas tersebut, dan dia tahu bahwa dia bisa menyelesaikannya dengan cepat.

2) Seseorang yang tahu, tapi tidak mengetahui bahwa dia tahu. Itulah orang yang sedang tidur, maka bangunkanlah ia.

Orang seperti ini seperti memiliki potensi dan bakat terpendam, jadi harus ada orang lain yang memancing bakat terpendamnya. Ibaratnya, ketika ia mendapat tugas, sebenarnya ia bisa menyelesaiakan tugas tersebut. Tapi karena ketiduran, jadi dia tidak tahu kalau mendapat tugas.

3) Seseorang yang tidak tahu, tapi dia mengetahui bahwa dia tidak tahu. Dialah orang yang membutuhkan petunjuk, maka ajarilah ia.

Setiap orang dengan tipe pembelajar pasti akan melewati tahap ini. Awalnya dia sadar kalau tidak mengetahui sesuatu. Jika ia mau belajar, maka sesuatu yang ia tidak tahu akan menjadi tahu, lalu ia menjadi orang yang masuk pada kelompok pertama. Dia mau belajar tentang tugas yang tidak diketahuinya.

4) Seseorang yang tidak tahu, dan tidak mengetahui bahwa dia tidak tahu. Itulah orang jahil. maka jauhilah dia.

Orang seperti ini adalah orang yang tidak mau tahu, tidak peduli dengan keadaan. Yang dipikirkan adalah hal lain. Dia tidak peduli dengan tugasnya, dia juga tidak peduli mau ngerjakan atau tidak. Kalau dirangkum, ilustrasi dari keempat kelompok ini adalah sebagai berikut :

Kelompok manusia didasarkan pada kesadarannya akan tahu atau ketidaktahuan
Ilustrasi dari keempat kelompok – terkait dengan tugas yang diberikan padanya.

Dalam kasus tertentu, bisa jadi kamu termasuk orang yang pertama, kedua, ketiga, atau bahkan yang keempat. Terkait dengan pekerjaan atau hobi yang kamu sukai, termasuk yang manakah kamu?

Seperti nasehat pada gambar di atas, Tak ada alasan “terlalu tua” untuk belajar, dan tidak ada alasan “terlalu muda” untuk sukses. Berapapun usiamu, tekunilah apapun yang kamu kerjakan.!

 

Pembaca budiman selalu Like & Share...