Sebuah teori tentang cinta dikembangkan oleh seorang psikolog bernama Robert Sternberg. Menurutnya, cinta harus memiliki tiga komponen dasar yang saling menopang. Berikut ini adalah ketiga komponen tersebut:

1. Keintiman (Intimacy)

Yaitu aspek emosional dari cinta. Keintiman akan terbentuk melalui kesediaan untuk saling berbagi. Entah itu berbagi cerita, berbagi perasaan, atau bahkan berbagi rahasia. Dalam hal ini perlu pula dikembangkan keterbukaan dan penerimaan terhadap pasangan.

Jalan-jalan dan curhat dengan pasangan
Sering jalan bareng sambil curhat merupakan salah satu bentuk keintiman. [image source]

2. Hasrat (Passion)

Passion, hasrat, merupakan dorongan motivasi dalam cinta. Dalam hubungan pacaran dan perkawinan, hasrat ini tampil dalam keinginan untuk selalu berdekatan dan menyentuh sampai pada munculnya keinginan untuk melakukan hubungan seks.

Hasrat yang menyebabkan jatuh cinta
Ketika kamu jatuh cinta, pasti ada hal (hasrat) yang memikatmu hingga kamu jatuh hati. Tapi ingat, jangan sampai yang memikatmu hanya penampilan semata. Sebab, jika kamu menikah maka kamu akan hidup bersamanya selama sisa hidupmu. [image source]

3. Komitmen (Commitment)

Komitmen adalah komponen pengikat suatu hubungan. Komitmen dimulai dari saat jatuh cinta dan kemudian berkembang menjadi keputusan untuk mempertahankan hubungan, serta tetap setia.

Komitmen pacaran adalah untuk menikah
Komitmen cinta itu bukan hanya menerima apa adanya dan sayang-sayangan. Lihat tuh, seperti itulah komitmen cinta yang sesungguhnya. Jika pacaran = cinta, tentu komitmennya juga sama bukan? [image source]

Nah, cinta yang terbentuk akan sangat tergantung pada komponen mana dari ketiga komponen tersebut yang lebih dominan. Hubungan yang didasari oleh keintiman dan gairah menunjukkan cinta romantis (romantic love), sementara bila hanya gairah yang dominan disebut infatuated love. Agar cinta menjadi sempurna, ketiga komponen tersebut harus ada dan berfungi sebagai landasan; inilah yang dinamakan consumate love.

Pembaca budiman selalu Like & Share...